SERVICE MAINTENANCE NETWORKING PENJUALAN KOMPUTER DAN LAPTOP, PERCETAKAN

Senin, 05 Agustus 2013

Shutdown Komputer Windows Otomatis tanpa Software

Bagi kita yang menggunakan komputer terlalu lama dan terkadang lupa untuk mematikan komputer kita di waktu malam, ada beberapa trik khusus bagaimana cara mematikan komputer secara otomatis tanpa software. Mematikan komputer akan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menjaga hardware kita agar tahan lama, terutama pada laptop/notebook yang memakai baterai sebagai power supply pengganti listrik AC. Baterai sangat berperan penting dalam memberikan power supply saat tidak ada power supply langsung dari PLN atau arus listrik AC.

Keawetan baterai tergantung dari cara pemakaian. Kejadian yang sering saya alami adalah ketika malam hari saya sudah tidak lagi menggunakan komputer setelah bekerja dengannya, saya hanya membiarkannya menyala dengan berbagai program yang masih menyala pula. Dalam hal ini baterai lah yang menjadi sasaran dari kelalian kita. Oleh karena itu, ada sebuah trik bagus yang patut anda coba untuk mematikan komputer tanpa software. Baiklah, mari kita simak bagaimana cara-cara yang dapat kita lakukan untuk mematikan komputer secara otomatis tanpa software.
Dalam hal ini ada tiga cara untuk dapat melakukannya;
Cara Pertama
  1. Klik Start > Run. Maka akan muncul jendela "Run" atau dapat dengan menekan kombinasi keyboard, tekan Windows+huruf 'R'.
  2. Ketikan pada kolom 'Open' seperti ini tanpa tanda petik : "shutdown -s -f -t waktu".
  3. Waktu dalam perintah tersebut adalah waktu yang kita kehendaki komputer kita untuk mati secara otomatis dalam satuan detik, misalnya: "shutdown -s -f -t 3600", kemudian klik OK. Maka, komputer anda akan mati secara otomatis dalam waktu 60 menit atau 1 jam kedepan.
  4. Untuk menggagalkan perintah shutdown otomatis tersebut, gunakan perintah: "shutdown -a", tanpa tanda petik pada meni 'Run' (Windows+R), kemudian klik OK. Maka akan muncul pemberitahuan pembatalan shutdown otomatis.
Shutdown Cara Pertama
Shutdown Otomatis Cara I
Cara Membatalkan Shutdown Otomatis
Cara Membatalkan Judwal Shutdown

Cara Kedua

  1. Klik Start > Run. Maka akan muncul jendela "Run" atau dapat dengan menekan kombinasi keyboard, tekan Windows+huruf 'R'.
  2. Ketikan pada kolom 'Open' seperti ini tanpa tanda petik : "at JAM shutdown -s".
  3. JAM dalam perintah tersebut adalah waktu yang kita kehendaki komputer kita untuk mati secara otomatis dalam satuan detik, misalnya: "at 17:00 shutdown -s", kemudian klik OK. Maka, komputer anda akan mati secara otomatis pada pukul 17:00.
  4. Untuk menggagalkan perintah shutdown otomatis tersebut, gunakan perintah: "shutdown -a", tanpa tanda petik pada meni 'Run' (Windows+R), kemudian klik OK.
Cara Kedua Shutdown Otomatis
Shutdown Otomatis Cara II
Cara Ketiga
  1. Klik Start > Run. Maka akan muncul jendela "Run" atau dapat dengan menekan kombinasi keyboard, tekan Windows+huruf 'R'.
  2. Ketikan pada kolom 'Open' seperti ini tanpa tanda petik : "tsshutdn waktu".
  3. Waktu dalam perintah tersebut adalah waktu yang kita kehendaki komputer kita untuk mati secara otomatis dalam satuan detik, misalnya: "tsshutdn 3600", kemudian klik OK. Maka, komputer anda akan mati secara otomatis dalam waktu 60 menit atau 1 jam kedepan.
  4. Jika muncul Pop-up, klik OK. Untuk membatalkannya tekan Ctrl+C, atau close jendela command prompt tersebut.
  5. Cara yang ketiga ini sepertinya hanya berlaku untuk Windows XP, ketika saya mencoba di Windows 8, cara ini tidak berfungsi.
Demikianlah ada tiga cara shutdown secara otomatis di Windows. Anda menyukai cara yang mana? 
Selamat mencoba.


sumber : http://www.komputerkamu.com/2012/08/shutdown-komputer-windows-otomatis.html

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER

KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..

Pengikut

Followers