Sabtu, 24 Desember 2016

Perbedaan Harddisk dan SSD yang Harus Anda Ketahui


 
 
Perbedaan Harddisk dan SSD yang Harus Anda Ketahui – Semakin berkembangnya teknologi membuat trend penggunaan hardware komputer juga ikut berkembang. Salah satunya adalah hardware penyimpanan data. Dahulunya perangkat komputer atau laptop banyak yang menggunakan harddisk drive alias HDD.
Dan sekarang muncul media penyimpanan internal baru yang bernama SSD. Banyak pengguna komputer atau laptop yang masih belum tahu dan bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan dari kedua jenis penyimpanan tersebut. Jika dilihat dari jenis teknologinya sudah jelas bahwa SSD lebih canggih jika dibandingkan dengan HDD karena diluncurkan dalam waktu yang lebih muda. Bisa dibilang SSD merupakan evolusi dari HDD itu sendiri.
Saat ni juga banyak perangkat komputer keluaran terbaru yang dibekali dengan SSD. Nah, daripada anda terus penasaran dan bertanya-tanya, berikut akan kami bagikan beberapa informasi mengenai perbedaan mendasar antara HDD dan SSD yang harus anda ketahui agar tidak ketinggalan jaman.Perbedaan Harddisk dan SSD yang Harus Anda Ketahui1. Kecepatan
Salah satu hal mendasar yang membedakan HDD dan SSD adalah kecepatan transfer data mampu dilakukan. Sudah jelas SSD lebih cepat ketimbang dengan HDD karena menggunakan sistem elektrik yang canggih. Tak heran jika banya laptop atau komputer kelas atas menggunakan jenis storage yang satu ini untuk meningkatkan performanya.
  
2. Bentuk Fisik
SSD memiliki bentuk fisik yang lebih compact jika dibandingkan dengan HDD. Apalagi HDD komputer yang notabene lebih besar ukurannya ketimbang HDD laptop. Jadi jika anda ingin penyimpanan yang memiliki ukuran kecil, sebaiknya pilih SSD dibandingkan dengan HDD.
3. Teknologi
Perlu diketahui bahwa teknologi yang digunakan oleh SSD jauh lebih canggih dibandingkan dengan HDD. SSD menggunakan serangkaian IC NAND yang memiliki kemampuan dapat menyimpan data walaupun tidak ada suplay tegangan. Dengan begitu data akan awet tersimpan dalam storage ini walaupun tak ada tegangan.
4. Harga
Poin ke empat ini merupakan kelemahan dari SSD. Karena menggunakan teknologi yang lebih canggih, tentunya biaya produksi SSD lebih tinggi dibandingkan dengan HDD. Oleh sebab itu harga dari SSD tentunya lebih mahal dibandingkan dengan harga HDD. Perbandingannya bisa dua kali lipat atau lebih.
5. Kapasitas
Untuk urusan kapasitas, HDD masih lebih baik dibanding dengan SSD. Ya, daya tampung dari sebuah SSD saat ini masih tergolong cukup kecil dibanding dengan HDD. Saat ini sebuah HDD dapat menampung data dengan kapasitas hingga puluhan terabyte. Itulah sebab mengapa saat ini HDD masih banyak digunakan.
Sekian informasi mengenai beberapa perbedaan antara HDD dan SSD yang harus anda ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan kali ini dapat bermanfaat untuk anda semua para pembaca monthlytech.com. Sampai jumpa di ulasan yang tentunya tak kalah menarik dibandingkan dengan ulasan kali ini.
sumber : http://monthlytech.com/perbedaan-harddisk-dan-ssd-yang-harus-anda-ketahui/

1 komentar:

lcd china mengatakan...

SSD ternyata lebih canggih dari HDD tapi harganya juga pasti lebih mahal..
lcd china

KHAZANAH COMPUTER


KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..



Pengikut