SERVICE MAINTENANCE NETWORKING PENJUALAN KOMPUTER DAN LAPTOP, PERCETAKAN

Jumat, 25 Oktober 2013

Tutorial Merakit Komputer - seri 3

1. Install kartu tambahan

Kartu tambahan dibutuhkan bila anda menginginkan untuk menambah Video Card atau Sound card terpisah untuk menghasilkan gambar atau suara dengan kualitas yang lebih baik. Kartu tambahan tersebut akan kita install pada slot PCI yang terdapat pada mother board seperti gambar di bawah.

Langkah pertama adalah patahkan besi penutup pada casing, cukup mudah untuk mematahkan penutup ini karena memang penutup tersebut dimaksudkan untuk melindungi slot PCI bila tidak digunakan.


Kemudian masukkan kartu tambahan yang akan kita install. Penempatan kartu ini harus lurus dengan antara slot PCI pada motherboard dengan penutup yang telah kita buang tadi.



Saat kartu tambahan tersebut sudah benar-benar lurus tekan kartu tadi ke dalam PCI slot. Beberapa motherboard memerlukan tekanan yang agak kuat agar kartu tersebut bisa masuk dengan baik ke dalam slot PCI.


Pastikan bahwa kartu tersebut bisa masuk dengan sempurna ke dalam PCI slot pada Motherboard.



2. Troubleshooting.

Sekarang anda sudah mempunyai komputer dengan CPU, Power Supply, Hard drive dan drive optic (CD/DVD) dan memory yang terpasang dalam casing.

Pada saat kita menyalakan komputer untuk pertama kalinya maka yang akan tampil hanyalah informasi BIOS karena pada komputer belum terinstall Operating Sistem. Namun informasi BIOS ini dapat memberikan informasi apakah semua komponen telah terpasang dengan benar.

Bila komputer tidak menyala pada saat kita menekan tombol power pada panel casing depan, maka periksa hal-hal sebagai berikut :

• Apakah power supply sudah terhubung dengan sumber listrik, coba dengan stop kontak yang lain. Bila sudah terhubung periksa saklar pada Power Supply apakah sudah pada posisi yang benar.
• Apakah kabel dari power supply yang menyuplai power pada motherboard sudah terpasang dengan baik?
• Periksa apakah tombol power pada casing sudah terhubung dengan pin pada motherboard. Apabila anda salah memasukkan pin tersebut maka tombol power pada casing tidak akan berfungsi. Baca manual dari motherboard untuk memastikan posisi pin tersebut.

Apabila semua hal tersebut sudah anda pastikan bahwa semuanya dalam kondisi yang baik maka kemungkinan kerusakan adalah :


• Power supply rusak
• Saklar pada panel belakang Power supply rusak.
• Ada kerusakan pada motherboard.

Cara paling mudah untuk memastikan kerusakan tersebut adalah dengan mencoba komponen yang lain. Cobalah dengan menggunakan power supply atau motherboard yang lain.

Mudah-mudahan bermanfaat.

sumber :  http://pernikkomputer.blogspot.com/2009/10/tutorial-merakit-komputer-seri-3.html

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER

KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..

Pengikut

Followers