SERVICE MAINTENANCE NETWORKING PENJUALAN KOMPUTER DAN LAPTOP, PERCETAKAN

Jumat, 25 Oktober 2013

Memperbaiki laptop yang terkena air

 
Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang paling berharga yang memungkinkan anda untuk bekerja, bermain dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu laptop harus diperlakukan dengan hati-hati. Kadang-kadang laptop yang terkena air mungkin masih bisa menyala tanpa memperlihatkan tanda adanya kerusakan, namun seharusnya laptop yang terkena air jangan dinyalakan apabila anda belum yakin benar bahwa bagian internal atau komponen laptop yang belum benar-beanr kering. Jika anda mencoba untuk menyalakan sebuah laptop yang basah, komponen internal dari sistem akan rusak ketika dialiri arus listrik. Laptop yang terkena air juga dapat menimbulkan kerusakan pada baterai akibat adanya hubungan pendek.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan bila laptop anda terkena air atau cairan lainnya :

1. Apabila saat terkena air laptop terkoneksi dengan sumbel listrik (PLN) maka segeralah cabut kabel power dan lepaskan baterai laptop segera. Cara melepas baterainya adalah dengan membuka pengunci dan melepaskan baterai sesuai dengan petunjuk yang ada pada bagian belakang laptop. Jangan lupa cabut dulu kabel power dari sumber listrik PLN.

2. Lepaskan semua device yang terhubung dengan laptop dan dengan hati-hati gunakan lap untuk menyeka semua bagian yang terkena air hingga air terserap seluruhnya.

3. Bila laptop anda sudah habis masa garansinya, anda bisa melepaskan komponen-komponen seperti RAM, konektor layar, hard disk dsb. Sebelum anda melakukan hal ini pastikan terlebih dahulu bahwa anda mengetahui informasi cara membongkar komponen dari website laptop anda. Bila anda tidak yakin dapat melakukannya maka jangan sekali-kali melakukan tindakan ini. Keringkan setiap komponen yang basah dengan lap kering atau bisa juga kita mengeringkannya dengan menaruhnya di depan kipas angin dan jangan mengeringkan komponen tersebut di bawah sinar matahari langsung. Anda juga dapat menggunakan pengering rambut dengan setelan panas yang paling rendah. Setelah anda yakin bahwa semua komponen tersebut telah kering maka anda bisa mulai memasangnya kembali. Namun sekali lagi saya ingatkan jika anda tidak yakin dengan langkah ini maka jangan lakukan. Cara sederhana lain adalah simpan laptop pada wadah yang besar dan isilah wadah tersebut dengan beras, karena beras mempunyai kemampuan menyerap air dengan baik. Bila anda masih belum juga yakin dengan langkah ini, lakukan langkah berikutnya.

4. Matikan laptop paling tidak selama 72 jam dengan kondisi baterai tidak terpasang. Sementara itu anda dapat menaruh laptop di depan kipas angin untuk mengeringkannya.

5. Setelah laptop benar-benar kering, anda bisa coba untuk menyalakannya kembali setelah memasang baterai. Bila laptop masih belum menyala juga maka tunggu beberapa hari lagi karena mungkin masih ada sisa cairan di dalam. Bila setelah beberapa hari laptop masih juga belum bisa menyala maka anda harus membawanya ke bengkel komputer.

Tindakan yang cepat sangat diperlukan bila laptop kita terkena air atau cairan lainnya. Walaupun laptop anda masih dalam masa garansi, namun kebanyakan untuk jenis kerusakan ini tidak masuk dalam kategori kerusakan yang digaransi oleh pabrik.

sumber : http://pernikkomputer.blogspot.com/2009/10/memperbaiki-laptop-yang-terkena-air.html

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER

KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..

Pengikut

Followers