Senin, 16 September 2013

Cara merawat Printer dengan mudah

        Hi kawan GM J Terima kasih sudah berkunjung J
      Printer memang sangat penting bagi kawan GM yang sering mencetak setiap file dokumen, dengan printer kita bisa mencetak Dokumen, Gambar, dan file lainnya dalam sebuah kertas yang kebanyakan menggunakan kertas HvS. Namun jangan salah jika Printer terkadang memang sering mengalami kerusakan dan bisa dibilang sangat mudah sekali terkena gangguan. Tentunya itu sangat mengganggu kawan GM, oleh karena itu SI-GM kali ini akan membahas mengenai cara merawat Printer agar lebih awet dan tidak mudah rusak J
1. Bersihkan Printer
Cara ini sangat efektif karena jika kotor Printer sering tidak hidup dan tentunya jika dibiarkan akan sangatberbahay. Bersihkan bodi printer dengan kain, khusus untuk bagian dalam, gunakan kuas untuk membersihkan sela-sela yang sulit di jangkau. Printer harus dalam keadaan mati(Off) saat dibersihkan J


2. Printer harus digunakan
Ini pun sangat penting, jika kawan GM tidak menggunakan printer dalam jangka yang sangat lama itu akan membuat tinta pada printer mongering dan menggumpal di Head.
3. Cartridge Jangan Kosong
Jangan biarkan tempat Tinta (Cartridge) kosong, selalu isi jika cartridge terlihat mulai habis.
4. Jangan Ganti Merek Tinta
Gunakan tinta dengan merek yang sama dengan tinta yang digunakan sebelumnya, jika berniat menggunakan merek baru, pastikan cartridge benar-benar kosong. Sehingga tinta dengan merk baru tidak tercampur dengan merk tinta yang lama.
5. Jangan Sentuh PIN CMOS
Jangan sekali-sekali menyentuh Pin CMOS, karena pin ini rusak jika terkena listrik static dari tubuh kita. Jika benar-benar diperhatikan, pin ini sudah diberi tanda tangan yang di silang, yang artinya tidak boleh disentuh.
6. Tutupi Printer
Tutupi printer dengan kain, tapi jangan menutupnya terlalu rapat, karena menutup rapat tanpa didukung pencegah udara lembab dapat mempercepat kerusakan printer. Secukupnya saja.


7. Matikan dengan benar
Matikan printer dengan benar, yaitu menekan tombol off barulah mencabut kabel yang terhubung dengan listrik. Jangan langsung mencabut kabel listriknya, jika hal ini sering dilakukan, maka BIOS komputer bisa error, lebih parahnya BIOS rusak secara fisik. Bahaya lainnya adalah saat kita mencabut kabel langsung, posisi head printer saat itu mungkin belum pada posisi yang seharusnya. Akibatnya, tinta mengendap dan mengering pada head.
8. Jangan Langusung Matikan Setelah Mencetak
Semua printer memiliki batasan jumlah mencetak, setiap kita menyalakan printer, ada penghitung yang menambahkan jumlah cetak. Jika langsung dimatikan setelah mencetak maka ada kemungkinan BIOS penghitung printer akan error dan Printer akan cepat rusak.
9. Jangan Mencetak Gambar Yang Pekat
Jangan terlalu sering mencetak gambar yang pekat, seperti Kotak hitam ataupun Font dengan ukuran besar. Karena hal ini dapat membebani kerja head
10. Jangan menggunakan Kertas Rusak/Kotor
Gunakan kertas yang bersih dan masih bagus, karena jika kita menggunakn kertas yang sudah rusak atau mungkin yang sudah kusut maka akan Paper Jam, dan bisa tersangkut di Printer. Selain itu jika menggunakn kertas kotor maka akan sangat berbahaya kotoran tersebut akan menempel di Head Printer J
Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar Printer bisa lebih tahan lama. Semoga bermanfaat J
sumber:
               http://si-gm.blogspot.com

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER


KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..



Pengikut