Jumat, 19 Juli 2013

Penyebab komputer restart sendiri dan cara menanggulanginya

Komputer restart sendiri adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak pengguna. Tampaknya, masalah tersebut akan semakin merugikan apabila tidak ada penanganan secara cepat dan mendetail. Yang paling menjengkelkan, tentu saja Anda akan kehilangan banyak file yang mungkin belum disimpan dan kesemuanya begitu penting.

Penyebab komputer restart sendiri

Perangkat lunak
Program buruk seperti virus dan spyware merupakan penyabab perilaku tak menentu sebuah komputer. Anda akan menemukan komputer begitu sering melakukan reboot dan hal ini harus segera ditindakanjuti. Caranya, pastikan komputer ada memiliki sistem keamanan yang up to date. Beberapa antivirus seperti avast dan avg merupakan jajaran antivirus terbaik saat ini.
Perangkat keras
Jika Anda telah menginstal sebuah perangkat keras baru-baru ini. Maka mesin komputer mungkin saja mengalami konflik sehingga komputer restart sendiri. Untuk memecahkannya, Microsoft telah menyediakan utilitas device manager untuk mengecek dan memecahkan masalah driver Anda.
Selain penginstalan yang buruk, komputer restart sendiri mungkin saja karena kipas mengalami kerusakan. Sehingga, ketika komputer terlalu panas, maka self-restarting adalah jalan satu-satnyunya untuk mencegah tingkat panas yang lebih tinggi. Gantilah kipas angina Anda, atau bersihkan dengan segera.

Teknik pemecahan masalah komputer restart sendiri

Bersihkan kipas
Seperti yang dikatakan di atas, bahwa komputer restart sendiri bisa disebabkan oleh kipas yang buruk. Untuk memecahkan masalah tersebut, lakukan pembersihan kipas secara menyeluruh. Bongkar PC Anda dan gunakan handuk lembut atau Anda bisa menggunakan strip magnetic.
Dengan pembersihan tersebut, Anda akan mendapatkan komputer yang lebih bekerja optimal terutama dalam masalah pendinginan. Baru-baru ini, juga diketahui bahwa debu adalah masalah overheating komputer, sehingga pembersihan secara berkala amat diperlukan.
Periksa tata letak hardware
Sambil melakukan pembersihan komputer, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa tata letak hardware. Pastikan RAM Anda terpasang pada slot engan benar, dan periksa juga bagian lain seperti motherboard.
Install ulang
Jika semua pemecahan di atas tidak mampu mengembalikan performa komputer Anda, lakukan install ulang. Pergilah ke teknisi komputer dan lakukan instalasi ulang untuk menyelesaikan masalah .

sumber : http://infokomputerterbaru.com

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER


KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..



Pengikut