SERVICE MAINTENANCE NETWORKING PENJUALAN KOMPUTER DAN LAPTOP, PERCETAKAN

Selasa, 07 Mei 2013

Permasalahan Pada Printer LaserJet dan Solusinya

Printer bertipe laserjet atau toner mungkin tidak terlalu banyak digunakan oleh beberapa orang seperti mahasiswa contohnya. Untuk printer jenis ini memang di design untuk digunakan pada lingkungan dengan beban kerja yang cukup berat. Printer laserjet banyak digunakan di pabrik atau perusahaan-perusahaan besar yang memang dituntut untuk bekerja cepat. Sama halnya dengan inkjet, sewaktu-waktu printer laser jet ini bisa bermasalah. Masalah apakah yang biasanya terjadi pada printer jenis laser jet ini??? Dan bagaimana solusi kita mengatasinya??? Kita akan segera bahas disini sekarang.

Ada beberapa permasalahan ynag terjadi ketika kita menggunakan printer laserjet, berikut permasalahan-permasalan tersebut dan cara mengatasinya:


1.    Paper Jams (Kertas Terjepit)
Paper Jam adalah salah satu masalah yang memang sering terjadi di setiap printer termasuk printer jenis laserjet seperti yang sedang kita bahas saai ini. Printer mengalami paper jam bisa disebabkan karena: kotor, jenis kertas yang digunakan salah, atau roller yang menggerakan kertas rusak.

Solusi:
Jika mengalami permasalahan seperti Paper jam ini, bukalah penutup printer dan cobalah untuk mengeluarkan kertas yang tersangkut dengan cara menarik kertas keluar searah dengan dengan arah keluarnya kertas. Bersihkan dan lap permukaan ban penggulung atau roller serta sisi-sisi dalam mesin dengan menggunakan kain yang lembut.


2.    Kertas hasil cetak berkerut atau keriting.
Penyebab permasalahan kertas hasil cetak berkerut atau keriting bisa jadi karena pengait pada penggulung kertas yang sudah usang/tua dan ukuran kertas yang tidak sesuai dengan pemasangan sensor batas pencetak dapat juga menjadi penyebabnya. Begitu juga kertas yang lembab atau tidak betul-betul kering dapat menjadi penyebab kertas berkerut.

Solusi:
Jika mengalami permasalahan kertas berkerut atau keriting, cobalah untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan path pengait-penggulung dan usahakan menggunakan kertas yang mulus dan bersih.

3.    Terdapat garis-garis hitam pada lembar cetak.
Jika cetakan pada halaman kertas anda terdapat garis-garis hitam, Hai ini dikarenakan oleh beberapa penyebab. Biasanya hal ini banyak disebabkan oleh terdapatnya benda asing yeng menempel pada scanner atau kaca pemantul. Namun jika masalah tidak berada pada kaca pemantul, bisa jadiberada pada unit imaging.

Solusi:
Jika menemui permasalahan semacam ini, disarankan anda untuk mengganti cartridge printer laserjet anda dengan catridgr atau toner yang sekiranya masih baik. Tapi jika anda menggunakan system multi-komponen (Drum, toner, pengembang yang masing-masing unit terpisah) ini bisa menjadi rumit. Namun, dalam masalah terdapatnya garis hitam pada halaman cetak, biasanya dikarenakan oleh drum yang sudah rusak/tua dan perlu diganti dengan drum yang baru untuk mengatasi masalah tersebut.


4.    Titik-titik hitam pada halaman.
Jika terdapat garis titik-titik hitam seperti taburan toner pada lembar cetak, masalah biasanya terdapt pada unit pengembang cartridge.

Solusi:
Biasanya untuk masalah semacam ini sulit dibetulkan kecuali dengan mengganti pengembang cartridge tersebut. Namun jika titik hitam diulang atau terdapat urut kebawah pada lembar cetak., biaasanya ada cacat atau benda yang menempel pada unit drum. Usaplah dengan kain halus untuk menghilangkan benda asing yang menempel atau dengan mengganti drum jika trdapat lubang kecil pada permukaan drum. Namun, masalah seperti ini juga bisa terjadi pada sensor pencetak yang kotor dan jika demikian maka harus disservice sekaligus apabila memungkinkan.



5.    Lembar cetak kosong atu tidak rata.

Jika terdapat garis terang atau daerah kosong/buram pada hasil cetak, hal ini bisa disebabkan oleh toner yang menipis atau belum membaur dengan sempurna. Masalah lain juga bisa disebabkan oleh kenyataan bahwa permukaan drum tak dapat menyentuh toner karena unit penyaring wiperblade, dr.blade yang sudah rusak/keras.

Solusi:
Jika anda dihadapkan dengan masalah semacam ini,  berarti anda harus segera mengganti komponen terkait. Tetapi seringkali permasalahan datng buka pada mesin atau toner tetapi pada kertas. Kertaas yang lembab atau mengandung minyak hingga toner tidak dapat menempel dengan sempurna pada kertas. Maka, pastikan anda selalu menggunakan kertas yang bersih dan kering.


6.    Garis melintang pada halaman.

permasalahan ini muncul mungkin karena Tempat ampas atau pembuangan toner pada cartridge itu sudah penuh.

Solusi:
Oleh karena itu, Ganti dan bersihkan tempat pembuangan . Koneksi/ hubungan kurang tepat antara unit imaging dengan mesin dapat pula menyebabkal hal ini. Bersihkan hubungan atau penghubung dengan kain atau handuk,  Bisa jadi toner cartridge tidak terpasang sempurna pada pencetak atau salah pasang drum. Atau ganti dengan cartridge yang lain dan hal ini akan mengatasi masalah.


7.    Halaman Gelap
Halaman gelap seperti ini bisa dikarenakan karena identitas di-set terlalu pekat.

Solusi:
Coba terangkan focus/image. Beberapa printer memiliki control identitas sendiri. Drum yang sudah tua bisa jadi masalah serta kaulitas toner yang jelek bisa juga jdi penyebabnya.




Itulah beberapa permasalahan yang bisa terjadi ketika kita menggunakan printer bertipe laserjet. Semoga yang tadi kami sampaikan bisa sedikit membantu anda.

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER

KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..

Pengikut

Followers