SERVICE MAINTENANCE NETWORKING PENJUALAN KOMPUTER DAN LAPTOP, PERCETAKAN

Senin, 01 April 2013

Mempercepat Photoshop CS4

Adobe Photoshop sekarang ini sudah menjadi software pamungkas bagi desainer grafis, desainer web, ataupun fotografer yang hendak mengolah digital-imaging. Hadirnya versi CS4 terbaru kian melengkapi kebutuhan pekerja kreatif untuk menghasilkan karya yang semakin mantaff

Photoshop CS4 terbaru kini mampu menangani berbagai format file berukuran raksasa, diantaranya:

PSD: 2 GB
TIFF: 4 GB
PSB: 4 EB (atau 4 juta TB)
PDF: 10 GB

Meskipun sedemikian besarnya, batasan maksimal yang mampu diolah Photoshop hanya terbatas hingga 300.000 x 300.000 pixels. Khusus untuk PDF, terbatas 30.000 x 30.000 pixels dan 200 x 200 inch saja.

Setting Scratch Disk

Scratch Disk merupakan virtual memory yang menampung semua aktivitas Photoshop Anda, mulai dari History, Level Cache, Histogram, Font Cache, dan lainnya.

Agar Photoshop dapat berlari kencang, space kosong sebesar 2 GB atau lebih, wajib Anda sediakan untuk membuatnya bernafas lega.

Apabila Anda memiliki partisi lebih dari satu, disarankan untuk menjadikan partisi kedua sebagai Scratch Disk yang utama. Hal ini dilakukan agar indexingyang dilakukan OS X pada partisi utama tidak terganggu. Namun bila Anda mampu menyisakan ruang kosong sebesar 20 GB pada partisi utama sistem, Photoshop CS4 akan kencang.

Untuk mengubah Scratch Disk Anda, pilih menu Preferences > Performance dari menubar Photoshop CS4. Jangan lupa untuk merestart Photoshop setelah Anda melakukan pengubahan.

Menentukan Cache Levels

Photoshop menggunakan image cache untuk menampilkan setiap ubahan gambar pada layar. Semakin tinggi angka yang Anda tentukan (1-8) akan memperlambat Photoshop untuk membuka sebuah gambar karena harus melakukan caching terlebih dahulu. Namun dibalik proses caching tersebut, keuntungan yang akan kita dapat yaitu performa lebih baik ketika kita melakukan pengubahan gambar nantinya.

Untuk Anda yang cenderung bekerja dengan gambar high-resolution, disarankan untuk mengatur Cache Levels pada kisaran angka 6 hingga 8.

Anda yang bekerja sebagai fotografer dengan kamera DSLR sebaiknya mengeset Cache Levels ini pada angka 8. Dan sebaliknya, desainer grafis dan web yang lebih banyak bekerja pada Layer akan optimal pada Cache Levels yang lebih rendah: 4.

Mengurangi jumlah History States

Semakin banyak jumlah History yang Anda tentukan akan semakin membuatnya haus akan RAM. Disarankan untuk membatasi jumlah History States maksimal sebanyak 15 saja.

Seiring dengan waktu, bila skill Photoshop Anda telah meningkat maka Anda bahkan tak memerlukan History lagi.

Mengatur Kompatibilitas PSD dan PSB

Fitur 'Maximize PSD and PSB File Compatibility' akan menambah fleksibilitas serta kompatibilitas file Anda ketika bekerja dengan aplikasi lain seperti Adobe Lightroom. Tentunya kompatibilitas ini akan memperbesar ukuran file Anda.

Aktifkan fitur ini apabila Anda juga bekerja dengan aplikasi lain. Matikan bila Anda hanya bekerja dengan Photoshop saja.

Memanfaatkan Tenaga GPU

Photoshop CS4 telah memiliki kemampuan untuk memprioritaskan prosesrendering gambar pada penggunaan GPU dibandingkan CPU komputer.

Syarat minimum agar Photoshop CS4 dapat memaksimalkan kinerjanya adalah GPU Anda memiliki fitur OpenGL 2.0, Shader Model 3.0, dan RAM minimal 128 MB, dimana lini produk Apple terbaru telah mendukungnya secara penuh.

Mengatur Palette Preview Thumbnails

Photoshop CS4 memakan RAM ekstra ketika fitur ini diaktifkan karena setiap perubahan pada sebuah Layer dilakukan, preview thumbnail ini akan senantiasa diupdate secara otomatis.

Untuk mengatur fitur ini agar menggunakan RAM secukupnya, pilih menu Palette Options pada window Layers dan pilih ukuran terkecil atau none pada opsi Thumbnail Size.

Mematikan fitur Export Clipboard

Fitur Export Clipboard ini akan menyimpan setiap gambar yang Anda copy pada memory dan mengekspornya menjadi file berekstensi PICT ketika Anda paste pada desktop.

Bila Anda tak membutuhkan fitur ini, matikan saja melalui menu Preferences > General untuk menghemat memory Anda.

Memanfaatkan software Font Management

Fitur Font Preview pada Photoshop CS4 akan memakan memory sangat besar bila koleksi font Anda cukup banyak, karena ia harus melakukan preview setiap font yang ada.

Gunakan aplikasi Font Management seperti Extensis Suitcase ataupun Linotype FontExplorer X untuk alternatifnya, dan matikan fitur Font Preview bawaan CS4.

Menentukan alokasi RAM

Untuk performa terbaik, tentukan alokasi RAM untuk Photoshop CS4 pada kisaran 85-90%. Hindari mengesetnya pada angka 100% karena akan membuat proses sistem Mac OS X menjadi sesak nafas.

Anda dapat mengaturnya sesuai kebutuhan pekerjaan Anda pada menu Preferences > Performance dan tentukan nilainya pada kolom Memory Usage.

Kurangi file pada Desktop

Semakin banyak file yang bertebaran pada desktop Anda, maka semakin banyak memory yang terbuang untuk membuat thumbnail previewnya. Mulailah untuk mengelola file-file Anda dengan baik sesuai folder yang terdapat pada Home Anda.



Meskipun terkesan sederhana, namun langkah ini sangat efektif untuk menghindari pemborosan RAM.

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER

KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..

Pengikut

Followers