SERVICE MAINTENANCE NETWORKING PENJUALAN KOMPUTER DAN LAPTOP, PERCETAKAN

Senin, 14 Januari 2013

pengenalan eror blue screen pada windows 7

Bagaimana mengatasi masalah blue screen baik pada laptop maupun pada Komputer PC, sehingga Blue screen ini tidak mengganggu aktivitas anda setiap harinya.
Blue Screen terjadi karena adanya critical error pada Sistem  Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus dihentikan. Dalam kesempatan ini saya akan berbagi pengalaman tentang beberapa tips cara memperbaiki komputer yang mengalami BlueScreen.
Terkadang untuk kita para pemula, atau orang baru pada dunia komputer merasa sangat kesal dan sedikit merasa takut sih.Nah disini akan saya berbagi pengalaman tentang menghadapi masalah pada windows dimana tiba-tiba layar berubah menjadi biru yang biasa disebut oleh orang yang berkecimpung didunia IT (BlueScreen).
Pertama-tama jika sobat semua menghadapi masalah seperti yang tadi saya ceritakan sikap yang pertama yang kita lakukan adlah jangan panik, apalagi jika sobat semua melihat screen yang bertuliskan Dumping memory, don’t panic (heheheh maksudnya slow ) jangan heboh trus bilang memory RAM rusak atau Windows 7 product jelek.
Open System Restore
Sebenarnya langkah yang dilakukan adalah sederhana, pertama restart computer anda, lalu tunggu komputer booting ulang. Wah koq blue screen lagi, ups jangan langsung marah yah, coba matikan computer anda, Tekan Power button pada computer , dan tahan sampai computer bener-bener off.Kemudian hidupkan lagi computer, ketika booting tekan F8 dan dan tunggu nanti anda akan masuk pada jendela pilihan booting, nah disini pilih booting dengan safe mode, tunggu sampai windows booting dengan safe mode. Nah sekarang anda sudah masuk ke operasi system safe mode.
Langkah selanjutnya klik start windows pilih control panel >> system & security >> action Center >>recovery >>open System restore >> next >> next >> finish >> yes. Tunggu dan biarkan windows restart otomatis, setelah itu windows akan booting lagi, nah sekarang windowsnya sudah bisa booting lagi dengan normal dan tidak blue screen lagi atau dumping memory.
Repair System Operasi Windows
Adakalanya BlueScreen terjadi karena ada beberapa file Windows yang corrupt, untuk mengatasinya  cara yang paling gampang adalah dengan melakukan Repair  pada sistem operasi Windows, dengan menggunakan DVD Operasi Sytem Windows anda.
Dan jika Cara diatas juga belum bisa mengatasi masalah si biru tadi, sekarang coba cara yang lain yaitu.
Memeriksa Perangkat Hardware.
Yang pertama anda periksa itu adalah Hard disk, terkadang kondisi hard disk yang bad, atau kurang baik, bisa mengakibatkan Blue Screen, jika memang Hard disk baik baik saja, dan anda tidak menemukan kerusakan yang berarti ada baiknya anda memeriksa Memory RAM anda, Pastikan kalau RAM anda  terpasang dengan baik, atau kalau memang dibutuhkan periksa RAM Anda dengan menjalankan program “Windows Memory Diagnostic”
Sedikit Informasi mengenai Pesan Error yang di tampilkan oleh Blue Screen :
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A) 
Pesan kesalahan ini biasanya disebabkan kerena ada ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya:
  • Driver yang bentrok atau tidak cocok
  • Permasalahan pada Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
  • Permasalahan pada Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini setidaknya sudah sedikit memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau filesystemnya tetapi bukan di harddisknya.
Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.
3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena:
  • Overclock Hardware yang berlebihan
  • Komponen komputer yang terlalu panas
  • BIOS yang korup
  • Memory dan CPU yang cacat
4. DATA_BUS_ERROR
Pesan error ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.
5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)
6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.
7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.
8. BAD_POOL_CALLER
Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.
9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM
10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan error ini disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.
Demikianlah Artikel tentang Bagaimana Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 7 yang sangat sering terjadi pada komputer.

Tidak ada komentar:

KHAZANAH COMPUTER

KIRIM KE DAERAH KAMI PAKET ...ONGKOS KIRIM DI TANGGUNG PEMBELI....KAMI KIRIM MELALUI JNE..SAMPAI KE TEMPAT ANDA..

Pengikut

Followers